20 February 2008

Happyou kai

4年生の先輩たち、卒論発表お疲れ様でした~ ^-^

Tanggal 18 dan 19 kemarin adalah Presentation day for last grade nya urban and civil engineering Ibadai. Karena tahun depan insyaAllah bakalan kek gini juga,... yaa setidaknya dengan hadir disni, bisa jadi bayangan apa yang bakal di hadapi dan bisa siap siap dari sekarang ( kecepatan gak yah?! :D)

Presentasi nya singkat sih sebenarnya, hanya 7 menit dan 3 menit buat pertanyaan.Tapi heboh bukan main :) Bayangkan, kerja setahun hanya untuk yang 10 menit ini!!huuuuuuuhhhhh. Atau, lebih dahsat lagi klo dibilang gini "kuliah 4 tahun untuk yang 10 menit!"... wiiiih!!bener bener moment yang wah wah.

Sasuga yang namanya presentasi tugas akhir, wlopun singkat,tetep aja jadi waktu yang buat jantung olahraga terus :D. Masih terbayang lagi wajah wajah senpai,.. wajah tegang yang duduk di "kursi penantian" nungguin urutannya.Ada yang ngulang2 hapalan buat presen ntar,..ada yang ngelurusin kaki supaya lebih rileks,..dll. Seperti orang yang nunggu di sidang :D

Setelah presentasi..wajah mereka cerah lagi,..ketawa lagi,..nampak sih dari mukanya kayak orang yang baru lepas dari beban. 本当にお疲れ様でした~ :)

Menurut cerita teman yang ngikutin kegiatan beberapa dari mereka,... sebelum urutan tiba, mereka berlatih di lab masing masing di bantu ama senior senior master. Katanya " waaahhh...pokoknya salut deh ama mereka,..seperti drama aja "
Pantesan,..senior2 master tu bolak balik ruangan prensentasi. Klo yang presentasi dari lab mereka, mereka masuk,..dah itu kluar. Klo dah siap 1 sesi,..mereka nyalamin juniornya, ngucapin slamat dan ngasih komentar.
Yang presentasi fight!,..senior nya juga fight! ^-^

Sayang hari pertama presentasi gak bisa datang,.. nyesal juga sih, banyak hal yang bisa didapat, walaupun banyak hal juga yg gak ngerti :D. Sempat bingung mikirin tugas akhir nanti, mo ngambil tema apa,..dibilang bingung juga gak pas,..tepatnya gak ngerti :D. Tapi setelah dengar presentasi mereka,..dengar apa2 yang jadi penelitian, alhamdulillah sedikit mendapat bayangan.

Dan khusus tentang presentasi tugas akhir,..waktu yang di berikan itu hanya 7 menit, singkat banget!!klo liat mereka,..mereka ngucapin kata kata itu lumayan cepat dan lancar tanpa ragu ragu. Yaa..pastinya karena latihan dan dah dihapal juga kali yah,..kalau mereka aja perlu menghapal, palagi buat kita yang mahasiswa asing gini, presentasi dalam bahasa Jepang, harus lebih lagi usahanya

Udah gtu,..satu hal yang jadi kepikiran,....Presentasi semuanya dalam bahasa jepang, dan waktu pertanyaan itu cuman 3 menit, jadinya pas di tanya kita harus ngerti apa yg jadi pertanyaan, dan jawab dalam waktu singkat. Klo gak ngerti apa yg ditanya, gak mungkin kan minta diulang lagi pertanyaan nya, 100% dibilang gak bisa sih gak juga, tapi klo diulang trus??? habis donk waktunyaaa......
Waaaaaa....bahasa Jepang Quuuuu,.. harus ngelancarin lagi T_T

5 comments:

Adhie Yusnadi said...

Klo ditempat kakak namanya Pendadaran kali ya. Bedanya waktunya satu jam. Emang bikin deg2an juga tu...

Trus misalnya kalo gagal yang dalam 7 menit itu gimana donk? Apa ngulang dari awal? atau cukup ngulang yang bagian 7 menit itu lagi aj?

wardha said...

Klo gagal?? gmana ya kak, kurang tau juga :D
Lagian yg namanya gagal itu seperti apa? habisnya yg mereka ini tu cuman sekedar presentasi hasil penelitian mereka aja.Trus ngejawab pertanyaan yang audience apa2 yang mereka tanyakan. Jadinya bukan semcam ujian gtu.
Malahan ada senior yang udah dapat sks penelitiannya walaupum belum presentasi.

Adhie Yusnadi said...
This comment has been removed by the author.
Adhie Yusnadi said...

Ooo..kalo gitu mirip seminar kalo ditempat kakak. Bedanya, waktu seminar disini minimal 1jam. Dan minimal harus ditonton 15orang. Jadi kita pandai2 juga untuk cari orang. Nah, untuk mengundang orang itu, biasanya yang seminar nyediain snack,hehehe

Kakak bentar lagi seminar niy... Tapi laporan penelitiannya belom jadi... Udah ditagih sama dosen sebenarnya. Besok insyaallah ngumpulin laporan

wardha said...

ayo kak,... semangat semangat!! ^-^

Mudah mudahan sukses ya..^-^